Inilah Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing Agency

kelebihan kekurangan digital marketing agency

Kebetulan saya lumayan paham bagaimana kerja “digital marketing agency”, sering ditawari pekerjaan disana, dan kebetulan teman saya ada yang bekerja di agency juga. Sebenarnya sudah umum dikethaui sama dengan “advertising agency” yaitu berperan membantu kebutuhan Marketing Perusahaan.

Digital Marketing adalah trend yang saat ini yang sangat efektif dan efisien dalam membantu perusahaan dalam menjalankan campaign marketing. Pada dasarnya adalah pemasaran menggunakan media digital. Kata digital artinya peralatan canggih yang dikerjakan oleh mesin yang kini menjadi identik dengan peralatan digital yang banyak digunakan oleh user seperti komputer dan smartphone.

Jika ingin lebih jelas, caca Apa itu Digital Marketing

Apakah Perlu Menggunakan Digital Marketing Agency?

Menurut saya antara perlu dan juga tidak perlu, karena jika Perusahaan anda bisa mempunyai team sendiri di Perushaan tentu lebih leluasa setiap menjalankan traget-target pemasaran dengan media digital.

Digital Marketer yang mungkin bisa menjadi bagian dari Perusahaan mempunyai standar keahlian seperti: mengelola website, SEO, Google Ads, dan Sosial Media.

Namun tergadang sulit mendapatkan digital marketer yang mau bergabung dengan perusahaan yang kulture kerjanya berbeda dan juga terkait gaji.

Karena itulah banyak perusahaan yang mempercayakan kepada digital marketing agency dengan sitem per project. Disitulah ada kelebihan dan kekurangan yang ingin saya bagikan.

Kelebihan Menggunakan Digital Marketing Agency

1. Anda Mendapatkan Tenaga Ahli yang Berkualitas

Tentu saja para staff atau tenaga ahli yang bekerja di digital marketing agency adalah orang-orang yang ahli di bidangnya. Terlebih mereka sudah memilih orang-orang yang memang berkualitas untuk bekerja di perusahaan di Digital Marketing Agency.

Hal ini tentu tidak mudah bagi perushaan anda jika belum paham apa saja sih indikator kualitas seorang digital marketer itu?

2. Staff Ahli yang Expert di Bidangnya
Digital Marketing Agency punya staff atau team khusus yang bekerja pada suatu bidang, misalnya ada khusus orang back front end web developer, SEO Specialist, SEM Specialist, Social Media Specialist.

Mereka bekerja fokus pada bidang tersebuat sehingga bener-benar maksimal.

3. Menghemat Biaya
Jika anda hanya punya 1-2 orang staff dengan harapan mampu menguasai semua bidang tersebut tentu tidak akan maksimal dan cenderung terlalu boros gaji. Kecuali anda bisa merekrut staff khusus yang mengelola setiap bidang.

Tentu saja jauh lebih hemat menggunakan Digital Marketing Agency, karena biasanya 1 orang khusus mengerjakan 1 bidang, misalkan SEO Spesialist bisa menghandle beberapa website sekaligus, sehingga jasa yang ditawarkan bisa lebih murah diabndingkan menggaji karyawan khusus.

 Apa Kekurangan Menggunakan Digital Marketing Agency

1. Hasil Tidak Sesuai Harapan

Anda pasti mengira dengan menggunakan Digital Marketing Agency bisa langsung mendapatkan hasil sesuai harapan. Terutama dari pihak owner atau klien yang mempunyai harapan besar. Mungkin kesalahpahaman antara owner dengan klien yang biasanya terjadi.

Digital Marketing Agency umumnya sangat ahli mengelola iklan Google Ads, Display, SEO Google, dan Sosial Media, namun mereka kurang memahami produk atau jasa dari perusahaan anda yang bisa menarik customer. Wajar kerena mengelola banyak klien, tidak mungkin akan mendalami produk anda secara dalam.

Meskipun bisa mendatangkan trafict yang tinggi, tapi jika tidak diimbangi dengan memahami website dan content yang tepat sesuai produk atau jasa anda, maka traffict dari Digital Marketing Agency akan kurang hasilnya

Hal ini biasa disebut dengan istilah “Funneling” yaitu strategi mengubah traffic dari SEO maupun Iklan bisa menjadi customer, hal inilah yang jarang ditawarkan dari Digital Marketing Agency manapun.

Tentu saja mereka tidak akan mampu memikirkan produk anda, jika traffic tinggi tetapi hasilnya kurang, biasanya yang perlu diperbaiki adalah website atau landing page, Content, telemarketing, CRM dan strategi funneling.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s