5 Fundamental SEO Website yang Pasti Bisa Manaikkan Ranking

Kita setuju jika SEO (Search Engine Optimization) untuk website itu salah satu hal yang penting, agar website bisa mempunyai visibilitas dan nilai yang baik di mata search engine. Selama orang masih mengandalkan search engine (Google) untuk mencari, selama itu pula website seharusnya menerapkan SEO.

Sebenarnya hal dasar ini bisa dilakukan dengan mudah, namun kebanyakan pemilik website kurang sadar karena mengira bahwa SEO itu sulit. Memang SEO itu sulit, namun jika hal-hal ini bisa diterapkan, maka setidaknya anda sudah 50% menerapkan tekniknya.


1. Memilih Nama Domain dengan Nama atau Brand

Alifandofla.com adalah contoh nama panggilan saya. Sebagai contoh misalnya anda bisa menggunakan nama perusahaan atau nama anda sendiri. Akan lebih baik jika gabungan antara nama brand ditambah dengan kata produk.

Misalnya ayanahotel.co.id ada dua kata pertama Ayana adalah nama Brand, sedangkan Hotel adalah kata produk yaitu real estate hotelnya.


2. Tidak Menggunakan Kata Umum pada Domain

Misalnya hoteljakarta.com, memang ada nilai lebih di SEO untuk keyword on domain ketika orang mencari hotel di jakarta. Namun ruginya nama domain dengan kata kunci umum sulit mendapatkan authority atas kata tertentu.

Search Engine akan melacak dan mendata nama brand yang sering dituliskan di kotak pencariannya. Semakin sering nama brand itu dicari, maka akan diberi nilai authority yang lebih tinggi. Hal ini tidak berlaku untuk kata kunci umum yang tidak berupa nama atau brand yang spesifik.

sebagai contoh semakin sering orang mencari “Ayana Hotel” maka Google akan memberi nilai pada Ayana Hotel adalah hotel yang populer di Jakarta dan akan memberikan ranking secara otomatis untuk keyword “hotel di jakarta”


3. Struktur URL Website Harus Rapi

Rapi itu singkat padat dan jelas tanpa ada tambahan huruf-huruf yang tidak penting. Struktur yang paling umum dalam text url adalah namadomaincom dan namadomaincom/postname

Terkadang ada yang ikut serta seperti tanggal posting, kategori, label, asal masih jelas terbaca dan tidak berlebihan, itu tidak masalah. Namun sebaiknya diusahakan agar serapi mungkin.


4. Tittle Website adalah Headline SEO

Buatlah tittle atau judul website sebaik mungkin, dengan menyertakan 1 atau 2 kata kunci website anda. Cobalah untuk tidak terlalu idealis membuat Tittle, tetapi usahakan yang enak dibaca, tepat dan harus mengandung kata kunci.

Sebaiknya jumlah huruf pada sebuah Tittle yang mengikuti kaidah SEO jumlahnya antara 60 -70 kata termasuk spasi.


5. Buat Deskripsi Website yang Baik dan Menarik

Usahakan membuat kata-kata deskripsi yang baik, enak dibaca, dan tidak mengulang lebih dari 2 kata. Di dalam kalimat deskripsi masukkan juga kata kunci yang ditargetkan untuk SEO.

Usahakan deskripsi enak dibaca dan menarik untuk audiens, sedangkan kata kunci harus menyesuaikan kalimatnya.

Dengan menerapkan 5  fundamental SEO diatas, besar kemungkinan website anda akan lebih mudah muncul di pencarian Search Engine Google. Namun untuk meningkatkan lagi ke halaman pertama dan peringkat teratas, pada tahapan ini harus bersaing dengan kompetitor.

Bagian yang mengerjakan untuk menaikkan rangking dan memenangkan kompetisi inilah yang biasa disebut SEO Advance, banyak sekali cara mungkin puluhan hingga ratusan teknik yang bisa dipilih oleh seorang pakar SEO

Ingin meningkatkan kata kunci website anda dengan SEO?
Silahkan konsultasikan dengan kami: 0812 1151 944

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s