Peluang Emas Era Digital Marketing untuk Interior Designer

peluang interior designer
“Dua tahun terkahir ini project interior yang kami kerjakan sangat turun drastis, karena banyaknya pesaing yang mudah ditemukan di internet” kata ssalah satu owner Interior Design di Jakarta. Karena itulah anda harus cepat bergerak ikut kompetisi di persaingan di internet, dengan digital marketing.

Sebenarnya jika dilihat dari segi peminat desain interior, justru semakin terus bertambah, artinya peluangnya juga bertambah. Masyarakat kelas menengah ke atas kini semakin aware dengan seni keindahan ruangan, baik untuk hunian, publik space, dan termasuk office.

Bagi seorang desainer atau Perusahaan Interior yang aktif menggunakan media digital, peluang mendapatkan lebih banyak customer bisa lebih mudah. Beberapa contoh platform yang paling sering digunakan untuk memasang portofolio design saat ini adalah instagram, blog, dan website.

Memanfaatkan Semua Media Digital Marketing

Membangun website yang profesional, mengelola facebook, Instagram dan chanel Youtube adalah salah satu upaya paling berpotensi maksimal di era sekarang ini. Bahkan hanya fokus di 1-2 platform saja sudah sangat akan terlihat hasilnya, itulah sebabnya banyak interior design yang baru saja muncul bisa meraup customer lebih banyak, karena lebih cepat memanfaatkan digital marekting.

Digital marketing adalah media pemasaran digital dengan sarana gadget dan internet. Beberapa hal yang harus dilakukan  antara lain adalah: optimasi website dengan SEO, iklan Google Ads, endorse di Instagram, Facebook Ads dan Instagram Ads. Dari pengalaman saya, biaya yang dikeluarkan masih jauh lebih murah dari hasil profit project yang didapatkan, asal sebagai Digital Marketer paham bagaimana beriklan yang paling efektif dan efisien

Peluang untuk Freelance Designer hingga Perusahaan

Seorang designer interior yang sudah punya keahlian dan pengalaman bisa dengan mudah membranding diri dengan media instagram dengan memposting hasil-hasil karya mereka. Klien biasanya sering merekrut untuk mengerjakan project hunian pribadi mereka. Desainer interior individu mempunyai kelebihan yaitu kebebasan waktu, artinya bisa dikontrak dalam jangka waktu tertentu

Vendor atau Perusahaan interior design juga jauh lebih mudah karena adanya portofolio, sistem, dan proses kerja yang jelas untuk melaksanakan project atau tender. Biasanya cocok untuk project yang mengutamakan proses dari awal hingga akhir dengan legalitas dan proses kerja yang profesional.

Selalu ada Market yang Potensial

Kedunya punya marketnya masing-masing, jika anda seorang designer memilih freelance pastinya sangat menguntungkan dari segi kebebasan waktu. Tantangan anda adalah mampu mewujudkan interior dari mulai dari perencanaan, gambar, hingga build jadi. Jika ada klien yang puas dengan hasil anda, tentu peluang besar untuk direkomendasikan.

Mulailah kelola portofolio di Instagram sekreatif mungkin, akan jauh lebih lengkap jika punya blog atau website untuk menceritakan project interior yang dikerjakan. Bekerja di Perusahaan marketnya juga lebih kompleks, biasanya tender project dsign yang lebih besar dan harus dikerjakan oleh beberapa orang interior designer.

Salah satu website dan aplikasi yang menurut saya pantas dijadikan referensi seorang designer interior adalah houzz.com, bagaimana dengan anda? mungkin ada rekomendasi?

Ingin Bertanya tentang Digital Marketing?
Contact: 081211519447

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s