Era Digital Marketing Desain Interior di Indonesia

Saat ini perkembangan mereka sangat cepat dengan menggunakan digital markerting untuk pemasaran desain interior. Tahun 2014-2017 ranah kemunculan startup (perusahaan baru di era digital yang berkembang pesat) semakin pesat setelah kesuksesan Tokopedia, Bukalapak, Lazada di ranah jual beli online, kemudian disusul kemunculamn startup  di bidang Desain Interior yang kebetulan bertepatan masuknya Ikea di pasar Indonesia.

Ikea yang notabene bukan startup melainkan perusahaan internasional desain interior sangat cepat memberikan edukasi dan daya tarik yang massive kepada masyarakat Indonesia terutama kalangan yang belum mengenal gaya-gaya desain masa kini. Dulu desain interior hanya dikenal oleh kalangan orang kaya, namun sekarang bahkan penghuni kos juga bisa mendesain interior secara minimalis.

Jika dibandingkan dengan furniture atau perabotan yang biasa dijual di mall atau di toko, perabotan furniture interior masa kini lebih menonjolkan kualitas dan bentuk atau gaya desain, sehingga dari segi harga juga relatif lebih mahal. Mudahnya mendapatkan contoh-contoh desain dari internet dan Instagram menjadi salah satu peluang perusahaan jasa desain interior.

Fabelio.com dan Dekoruma.com salah satu contoh startup yang memfokuskan dalam bidang desain interior ini melejit di 2 tahun terakhir. Investasi bernilai ratusan milyar menjadikan kedua startup ini unggul di ranah desain interior mulai dari pernak pernik berukuran kecil hingga furniture berukuran besar.

Bagi konsumen semakin mudah untuk mengenali dan mendapatkan desain interior idaman bahkan tidak perlu biaya besar karena bisa dimulai dari yang sangat kecil contohnya saja di Dekoruma ada berbagai macam kursi unik atau lampu interior yang indah, konsumen bisa berbelanja disana.


Berapa Harga Arsitek Desain Interior ?

Iklan digital yang sangat massive atau terus ditonjolkan, bagaimana peran seorang desainer dalam melayani permintaan desain, terlebih sering diberi penawaran “free design“. Saya kurang mengerti soal ini, namun tentu senang jika mendapatkan desain 3 dimensi sesuai konsep idaman tanpa mengeluarkan biaya seperti yang ditawarkan. Dari sudut pandang konsumen ini memudahkan, namun bagaimana dari sudut pihak Desainer?

Jika kita sebagai konsumen telah mendapatkan desain interior secara free namun karena sesuatu hal tidak bisa setuju melanjutkan ke tahap “build” atau produksi interior, artinya seorang arsitek desain sia-sia telah membuatkan desain.

Sebagai contoh saja untuk mendesain ruang kamar ukuran 3 x 4 membutuhkan waktu minimal 15 jam dengan spesifikasi komputer minimal core i5 atau dengan grapic card yang mumpuni.


Gunakan Media Digital untuk Menemukan Arsitek Desain Terbaik

Saya kira cara dulu tetaplah yang terbaik dimana owner rumah mencari arsitek untuk menjadi kepercayaan mulai dari tahap proses desain hingga instalasi jadi. Ini jika kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik menghargai keringat arsitek sesuai dengan apa yang dia lakukan untuk mewujudkan interior idaman.

Range harga seorang arsitek desainer sangat relatif mulai dari 100 ribu hingga jutaan rupiah per meter berdasar portofolio dan jam terbang. Membuat bangunan atau interior membutuhkan ketelitian sangat tinggi.

Kini owner pemilik hunian lebih mudah bisa memilih-milih arsitek desainer atau vendor interior dengan menggunakan media digital, namun dengan banyaknya pilihan tentu lebih mudah membandingkan mana yang terbaik dan worth it

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s