Ahli SEO Jadul Pasti Kurang Sadar dengan 5 Hal Ini

Selalu berkembang dan selalu update itulah kehidupan di dunia, apalagi di ranah teknologi tak terkecuali bidang SEO. Search Engine Optimization (SEO) sebuah ilmu yang masih tak dikenal banyak orang ini ternyata menjadi passion saya. Di Indonesia saat ini jika bukan sebuah dari brand atau produk yang menggunakan internet marketing, apalah itu SEO 😀

Ilmu SEO telah ada sejak tahun 2007 dan mulai trend di Indonesia sejak tahun 2014 sampai saat ini. Para ahli SEO tentu saja punya pengalaman di internet marketing sekurang-kurang nya 2 tahun. Dari masa ke masa SEO terus berkembang, mungkin masih ada ahli SEO yang masih terpaku teknik lama sehingga kurang sadar dengan 5 hal berikut ini yang mungkin penting anda ketahui.

1. Backlink

Edu, Gov, dofollow, Pa dan DA pasti ini yang menjadi fokus link building atau membuat backlink. Padahal masih ada hal yang perlu disadari selain hal-hal tersebut. Kadang banyak yang kurang sadar tentang maksud “relevan” sehingga hanya fokus memasang backlink, bahkan terlalu konyol memasang link di kolom komentar yang isinya banyak komentar spam.

Jika sebuah backlink relevan tentu setidaknya menghasilkan referal visitor dari page yang kita pasangi backlink. Hal ini sangat standar terdeteksi di google analytics. Jadi nofollow atau bahkan no live link sekalipun jika menghasilkan referal visitor bisa dinilai backlink yang lebih baik, true relevan.

2. Aplikasi Google

Berusaha menaikkan di peringkat atas atau top 1 Google tapi seringkali kurang sadar untuk memanfaatkan semua aplikasi Google. Pertanyanya apakah web atau kata kunci yang dioptimasi sudah ada semua di aplikasi google? bahkan yang dianggap sangat biasa seperti Google docs yang justru mudah memasukkan link pada dokumennya.

Buat konten youtube yang mengarah pada web dengan kata kunci yang dibidik sebagai judul dan deskripsi. Update google plus, google docs, bahkan jangan ragu untuk menggunakan Google Adwords.

3. Direct Visitor

Direct visitor adalah orang yang mengunjungi sebuah website dengan cara menuliskan langsung alamat web di kolom url browser. Di sini Google akan mencatat bahwa url tersebut populer dimata user.

Masih banyak ahli seo yang terlalu fokus pada keyword namun lupa memopulerkan nama url yang dioptimasi. Mengenalkan atau memopulerkan url tentu strategi yang berbeda dari ahli SEO jaman dahulu.

4. Brand Authority

Seberapa banyak user menuliskan brand dari yang dioptimasi di kotak pencarian Google maka akan memberi sinyal bahwa brand ini valuenya lebih baik karena lebih banyak dikenal.

Apakah anda percaya jika seorang menulis brand di kotak google yang diikuti dengan keyword maka akan menaikkan posisi? Misalnya “ahli seo alifandofla” maka “alifandofla” mempunyai brand authority untuk keyword “ahli seo”

5. Sources Visitor

Asal dimana visitor mengunjungi website yang dioptimasi. Kebanyakan 70%-90% source visitor dari google search tentu saja kebanggaan dari seorang optimizer karena banyak keyword berada di page one. Tapi perlu kita ketahui bahwa bukankah jika variasi sources nya lebih banyak maka akan lebih baik untuk SEO juga?

Ada banyak aplikasi yang mendeteksi sources visitor salah satunya yang paling mudah adalah google analytis. Sayang jika masih kurang sadar untuk mengusahakan lebih banyak variasi sources, terutama dari sosial media dan link referal.

Mungkin banyak yang kurang sependapat tentang hal ini, karena bisa dikatakan melakukan 5 hal tersebut cukup mudah. Tentu saja sebagai ahli SEO permainan on page, off page, tier building, dan tools maintenance masih yang utama dan tidak dapat dikerjakan oleh mereka yang tidak mengerti bagaimana caranya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s