Digital Marketing dengan SEO, SEM dan SMM Kapan Harus Diterapkan?

digital-marketing-seo-sem-smm

Hal menarik untuk dibahas ketika era sekarang semakin banyak orang yang memanfaatkan digital marketing (SEO, SEM dan SMM) sebagai alat pemasaran. Jika yang menggunakan sekelas perusahaan tentu dalam penerapannya sangat profesional, dilakukan oleh ahli, buget biaya, dan report analisis yang sangat terukur. Tetapi digital markerting sebenarnya semua orang bisa menggunakan untuk kegiatan marketing dari hal yang paling sederhana, seperti menggunakan blog dan sosial media.

Digital marketing saat ini bagus potensinya untuk digunakan, maka kapan harus menerapkannya, antara SEO, SEM dan SMM , yang efektif, efisien dan lebih bagus yang mana?

SEO (Search Engine Optimization)
Jika sebuah produk atau jasa selalu dicari orang melalui Google, maka gunakan SEO

seo-campaign
Posisi SEO di Google dengan kata kunci “promo tiket pesawat”

Secara basic kita tahu, mengapa menggunakan SEO? tujuannya optimalilasi website ke halaman pertama Google. Dengan posisi dihalaman pertama maka mudah ditemukan dan dibuka orang akan lebih banyak.

Tapi masalahnya tidak semudah itu karena proses SEO butuh waktu. Hal yang paling dasar dalam SEO bukan sekedar menaikkan website di halaman pertama, tetapi melihat kompetitor dan mengalahkan kompetitor di halaman pertama.

Biasanya 2-3 bulan waktu yang biasa proses optimasi website dan semua strategi yang dicanangkan terlihat hasilnya. Kemudian dianalisis dan dimaintenance posisi keywordnya, karena kompetitor akan selalu datang setiap saat untuk merebut posisi page one.

People Need – Search – Google – SEO

SEO jalan sukses digital marketing

SEM (Search Engine Marketing)
Jika produk atau jasa ingin ditemukan secara cepat melalui Google search

sem-campaign
4 Posisi teratas tersebut adalah SEM, dengan tanda Ad/iklan

SEM biasa diketahui menggunakan fasilitas Google Adwords, yang dirasa lebih cepat menampilkan website di halaman pertama melalui media iklan Google. Karena ini media marketing/iklan dari Google maka pengiklan harus menggunkan biaya untuk menampilkan iklan di search khusus seperti ini.

Sebelum campaign iklan aktif dilakukan setting keyword, bid buget iklan setiap keyword dan setting demographics untuk memunculkan di ads search yang paling relevan. Mengunakan SEM lebih cepat dengan syarat pengaturan biaya iklan dan filtering demographics yang tepat. Kerena juga banyak pengguna SEM dengan produk dan keyword serupa.

Kelebihanya, posisi keyword campaign bisa di halaman pertama, kemudian klik url, konversi penayangan, dan penggunaan biaya terdata jelas di dasbor akun adwords untuk SEM

SEM harus jeli dalam mengatur buget yang paling efektif supaya mendapatkan konversi terbaik, karena penayangan iklan yang muncul sesuai dengan jumlah buget dana pengiklan.

SMM (Sosial Media Marketing)
Jika produk itu punya daya tarik, sosial media adalah tempat yang ramai banyak orang aktif menggunakannya

iklan-facebook-ads
Contoh iklan fb ads di home facebook saya

Sosial media ibaratnya seperti suatu tempat yang ramai dimana disana berkumpul orang sehingga potensial dipasang iklan. Sosial media ada Facebook, Twitter, Instagram yang saat paling lazim digunakan SMM secara umum.

Sudah hal umum jika tempat ramai selalu potensial dipasang iklan, karena itu menggunkan SMM untuk beriklan adalah hal paling umum untuk menggaet pembeli. Jika media advertising memasang iklan seperti baner, videotron, dan kata-kata copywriting yang menarik, sama juga di sosial media. Hanya beda antara konvensional dan digital, SMM adalah digital/online advertisingnya.

SMM bisa disetting demographichs, yaitu target pengguna sosial media seperti: usia, karir, gender, minat dan spesifik luasan lokasi penayangan. Tujuannya supaya target lebih tepat efektif dan penggunaan buget iklan lebih efisien.

Advertisements

2 thoughts on “Digital Marketing dengan SEO, SEM dan SMM Kapan Harus Diterapkan?

  1. Digitalinbro

    Yang jadi andalan saya saat ini adalah SMM. Untuk SEO, ilmu saya masih sangat kurang. Sedangkan kalau SEM, budget saya yang masih kurang, hehe.

    Like

    1. Iya benar kalau SMM memang cost lebih murah untuk mendapat audiens, tetapi untuk yang tertarget banget selama ini masih SEO dan SEM. Pelan-pelan gunakan semuanya 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s