SEO, Jalan Sukes di Ranah Digital Marketing

Jika kita tahu apa itu digital marketing, sudah pasti ada SEO (Search Engine Optimization) sebagai salah satunya. Bisa dikatakan basicnya digital marketing. Namun bukan berarti wajib, tergantung masing-masing individu atau perushaan dalam menggunakan media digital sebagi alat marketing.

Bagian yang perlu ditekankan adalah marketing nya, sedangkan digital ini adalah alatnya, jadi yang terpenting alat ini bisa digunakan untuk marketing semaksimal mungkin dan mendapatkan hasil terbaik dari tujuan pemasaran.

digital-marketing-seo
source: tutorialspoint.com

Kenapa disebut digital marketing?
Kerena proses marketingnya memanfaatkaan peralatan digital: komputer, laptop, smartphone, tablet, dll

Kemudian bukan sekedar menggunakan alat digital tetapi juga harus online, terhubung dengan internet. Tanpa akses online ga akan bisa browsing, membuka sosial media, aplikasi android atau ios dll. Sehingga digital marketing dan online marketing itu sebenarnya sama saja.

Disanalah marketing terjadi, saat orang browsing muncul iklan Google Adsense atau banner, saat facebookan ada iklan dari facebook ads, buka youtube muncul iklan google lagi. Ya itulah salah satu media marketing digital yang lagi trend saat ini.

Ketika browsing  sebagian besar orang mencari informasi menggunakan search engine, bisa dilihat bahwa sebagain besar menggunakan search engine Google.

Nah inilah cara kerja Search Engine Optimization (optimasi mesin pencari). Dengan tujuan saat orang mencari sesuatu dari Google, menemukan informasi kita, menemukan produk kita, informasi dan produk kita menjadi solusi untuk mereka, karena website kita dibuka, ditemukan ada di halaman pertama dan posisi di atas. Sangat simple kan

seo-digital-marketing

Seperti apa SEO itu dimanfaatkan?
Sebuah pertanyaan, bisakah sebuah website dengan segala isinya entah itu informasi, jasa ataupun produk yang kemudian muncul langsung di halaman pertama Google dengan kata kunci (keyword) pencarian?

Bisa saja, dengan 2 syarat:

  • Melakukan SEO dengan tidak sadar
  • Tidak ada pesaing, atau tidak ada orang yang menguploud dan mempublikasikan keyword (informasi, jasa, produk) tersebut

Mungkinkah melakukan SEO tidak sadar seberuntung itu? atau menggunakan “keyword” yang benar-benar langka, jika langka apa akan ada orang yang mencari menggunakan Google?

Jika “keyword” yang langka dan tidak banyak diketahui orang lain tidak perlu menggunkan SEO, karena sistem kerja pencarian Google adalah menunjukkan informasi yang paling tepat sesuai apa yang dicari dan dibutuhkan orang sebagai informasi yang memberi solusi.

So! back to “marketing”

Perumpamaannya sebuah perusahaan daging segar menggunakan website A untuk menjual daging ayam dan daging sapi segar. Dengan harapan orang semakin banyak membeli dari website A tersebut. Bagaimana website A tersebut bisa ditemukan orang sebagai penjual daging segar?

  1. Dengan cara memberi tahu orang-orang untuk membuka website A jika mencari daging segar
  2. Atau setiap orang yang mencari penjual daging segar di Google menemukan website A

Uniknya jutaan orang mencari daging segar di google itu berbagai macam kepentingan, berbagai macam kata yang digunakan, hingga Google hafal seperti ini:

Masalahnya:
Supaya website A  ditemukan orang harus minimal ada di page pertama Google supaya memiliki peluang besar dibuka orang, tetapi persaingannya sangat banyak site tentang daging segar bahkan di page 2 hingga 10.

Karena itulah website A membutuhkan optimasi untuk bisa menyaingi semua site yang sudah muncul di Google hingga website A ini berada di posisi teratas pencarian Google agar lebih banyak kesempatan dibuka orang.

Kesimpulannya

  • SEO adalah cara marketing produk ataupun jasa dengan memanfaatkan Google
  • Yaitu memberikan informasi apa yang dicari orang, sebuah informasi bahwa kita punya apa yang mereka cari.
  • Meskipun Google mempunyai banyak halaman, namun hanya halaman pertama yang kemungkinan besar akan dibuka orang.
  • Tanpa di halaman pertama Google, meskipun website tersebut punya solusi terbaik sekalipun, sangat kecil kemungkinan orang membuka
  • Sebalikanya informasi dan solusi terjelek sekalipun, jika di posisi pertama Google, kemungkinan besar banyak orang akan membukanya

Perpaduan informasi produk yang bagus didukung SEO yang bagus akan menjadi marketing yang super bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s