Bagaimana SEO di tahun 2016, 2017 dan Kedepannya?

seo 2016

Mungkin kita mendengar beberapa orang khususnya yang berkecimpung di intrenet marketing, bahwa SEO (Search Engine Optimization) semakin punah karena orang beralih ke SEM (Search Engine Marketing).

SEO dan SEM adalah dua alat yang sama yaitu mendapatkan traffic dari Google, kerena dinilai SEO lebih sulit dan lebih lama, mending menggunakan SEM yang lebih cepat.

Saya setuju jika SEM (Google Adwords) memang lebih cepat untuk mendapat traffic dan konversi, karena memang SEM sangat ditujukan sebagai campaign iklan. Tentunya harus menggunakan pengetahuan dan perhitungan buget yang sangat detail berkaitan dengan target dan biaya periiklan.

Bagaimana dengan SEO?
SEO juga sama bertujuan mendapat traffic dari Google yang dikenal sebagai optimasi membuat website posisinya naik ke halaman pertama.

Jika lebih umum sebenarnya adalah dasar membuat sebuah web itu optimal “ramah” di Google, membuat Google suka dan mudah menampilkan isi content blog/web di halaman teratas. Google selalu berusaha membuat setiap apa yang orang cari di kotak pencarian ini yang didapatkan adalah informasi yang paling sesuai dan relevan, si pembaca puas, hingga pembaca tergerak tidak hanya sekedar membaca.

Maka dari itu SEO sejak tahun 2015 sudah tidak hanya perkara rangking dan backlink, tetapi juga banyak faktor lainnya yang semua itu adalah patokan dalam SEO berdasar urutannya yaitu:

  1. Struktur meta tittle, deskription, keywords
  2. Keyword onpage dan onpost
  3. Kecepatan loading atau pagespeed
  4. Bounce rate atau  jumlah pageview seseorang saat membuka website
  5. Backlink (interlink, ekternalink, link building)
  6. Share di sosial media

Nah silahkan dipikir, bagaimana 6 poin SEO diatas? 

Point 1, 2 dan 5 murni untuk carwl Google supaya mengangkat website kita dengan “keyword yang diinginkan” sedangkan di poin 2, 4 dan 6 adalah user engagement, atau berdasarkan perilaku user/pembaca pada website. Jika nilainya bagus berarti websitenya bagus.

Tetapi pemilik web ketika mengoptimasi sering meremehkan dasar poin 1 dan 2. Padahal ibaratnya poin 1 dan 2 ini adalah “before go” sebelum berangkat sebuah page itu diangkat di halaman google yang berkaitan dengan “relevansi keyword”

Jadi sebenarnya SEO need masa kini dan kedepannya bukan hanya “peringkat” tetapi adalah bagaimana sebuah page itu bagus pada audience dan harus bagus juga pada Google. Kemudian baru selanjutnya menimbulkan ketertarikan pada orang yang kemudian bisa menarik konversi.

Jadi SEO adalah optimization atau optimasi supaya optimal, sedangkan SEM adalah marketing atau sebagai pemasaran. Jada tetap harus menggunakan keduanya supaya optimal dan pemasaran yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s