5 Hal Penting Membuat Artikel SEO yang Bagus

artikel seo

Membuat artikel SEO yang bagus adalah kunci website yang bagus khususnya untuk memperoleh posisi halaman pertama google. Istilah “Content is King, SEO is Queen” sering dibaca oleh para content writer dan website optimizer sebagai landasan menarik visitor dari search engine. Tidak bisa dipungkiri di era sekarang ini hampir semua orang yang butuh informasi akan mencari melalui google. Itulah sebabnya perananan artikel SEO bisa mendapatkan posisi halaman pertama google, sehingga kemungkinan bisa menarik visitor lebih besar. Jadi apa yang menjadi landasan membuat konten dengan SEO yang bagus?

1. Tulisan yang informatif, mudah dipahami dan enak dibaca

Anda tidak ingin kan jika visitor yang sudah berkunjung untuk membaca konten website, cuma singgah lalu pergi karena malas membaca. Percuma jika hal itu terjadi, sebuah web tidak akan mempunyai kualitas yang bagus di mata audiens yang artinya sama buruknya di mata roobot google (analisa google analytics).

Semakin kesini algoritma google terus memperbaiki sistem nya untuk memilih website/blog yang mempunyai konten berkualitas dan informatif.

Tapi kualitas konten saja tidak cukup jika banyak saingan yang juga mempunyai konten yang berkualitas. Nah disitulah optimasi konten dengan SEO on page dibutuhkan.

2. Usahakan membuat judul dan deskripsi yang sempurna

Bagi yang biasa menulis artikel standar SEO, dalam membuat judul ini tidak bisa sembarangan. Memerlukan riset keyword dan merangkai kata- kata yang bagus. Selain itu judul harus sinkron dengan deskripsi, karena itulah semua cms web mempunyai fasilitas tag tittle dan description.

Judul yang baik harus mencantunkan keyword, minimal 40 karakter dan maksimal 58 karakter.

Deskripsi yang baik harus menempatkan keyword utama, variasi keyword dan sinonim dengan kalimat yang bagus dan menarik. Usahakan minimal 110 karaker dan maksimal 145 karakter.

3. Penempatan keyword dan jumlah keyword dalam artikel

Tempatkan keyword yang di targetkan di kalimat pertama artikel, tengah artikel dan akhir artikel (3 tempat). Keyword harus sinkron dengan kalimat tanpa kesan memaksa sehingga enak saat dibaca. Kemudian juga jumlah kata kunci dalam artikel, hal inilah yang jarang diingat dalam membuat artikel yang SEO friendly.

Jumlah kata kunci minimal 2% dan maksimal 4%. Gambarannya jika ada 1000 kata dalam artikel terdapat 20-40 kata kunci.

4. Perhatikan font dan spasi di dalam konten

Hal ini tujuannya sama dengan point 1 yang biasanya sering diabaikan blogger. Font dan spasi merupakan hal yang mempengaruhi kenyamanan pembaca. Anda bisa melihat sendiri di blog saya ini atau situs-situs yang terkenal. Cobalah di review dan anda bandingkan hingga menemukan font dan spasi yang tepat.

5. Membangun link yang baik di dalam artikel

Untuk membuat konten atau artikel SEO yang bagus salah satu hal penting adalah ” internal link building” yaitu membuat tautan antara satu artikel dengan artikel lain yang bersangkutan dari website itu sendiri.

Baiknya ada 1 link setiap satu paragraf atau setiap 2 paragraf. Kemudian 1-3 link di akhir artikel. Minimal ada 1 link di dalam konten.

Link ini sangar disukai google dan juga menambah page view visitor yang  makin penasaran.

Apakah jumlah kata dalam kata itu penting?

Tergantung, ada jenis pembaca yang membutuhkan informasi singkat, tetapi ada juga yang membutuhkan informasi detail yang panjang.

Namun Google lebih menyukai konten yang panjang, itu karena semakin panjang semakin kuat dan unik. Balik pada point 3, semakin panjang artinya bisa menempatkan kata kunci semakin banyak, begitu juga sebaliknya.

Jadi untuk membuat konten SEO yang bagus sebenarnya cukup logis dan mudah untuk diterapkan.

2 thoughts on “5 Hal Penting Membuat Artikel SEO yang Bagus

  1. apakah nama font akan mempengaruhi pada seo blog kita gan, soalnya saya bisanya menggunakan font times dan pernah 2 kali lupa mengganti font, yg saat itu font nya pake verdana dengan ukuran huruf besar dan hasinya malah dengan font verdana dengan ukuran yang besar malah mendapatkan banyak traffik. padahal artikel tersebut cuma sedikit sekali isinya. Bagaimana dengan pertanyaan saya gan… terima kasih

    Like

    1. Font sangat mempengaruhi pembaca gan, jika font tidak bagus dan pembaca kurang nyaman dan akhirnya kurang minat buat baca, karena sekarang durasi visitor ngaruh di SEO

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s