Ulasan Seputar Bisnis Startup yang Lagi Trend

startup-infographic

Apa itu startup? kata ini sudah pasti familiar bagi para pelaku atau pengamat bisnis di ranah teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi di dunia dan di Indonesia menyebabkan semakin banyak pengguna gadget dan internet. Dua tahun lalu mungkin kita belum kenal dengan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Blibli dll. Ya itu segelintir startup yang sukses dan namanya booming di Indonesia pada tahun 2014-2015. Mungkin banyak yang belum tahu apa bedanya model bisnis startup dan bisnis biasa, saya sendiri baru sedikit menyadarinya akhir-akhir ini.

Pada dasarnya start-up adalah “memulai usaha rintisan yang bergerak cepat memanfaatkan teknologi” dalam tahap pengembangan yang bertujuan untuk menjadi perusahaan/company besar.

Apa bedanya bisnis startup dengan bisnis umum?
Bisnis umum biasanya jual-beli atau jasa yang menghasilkan uang dari keuntungan menjual produk atau bayaran dari sebuah jasa. Bisnis pada umumnya menjual apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang. Sedangkan startup juga sebuah bisnis, ada jual beli atau jasa. Namun startup lebih memberikan solusi/problem solving, menciptakan kemudahan dengan teknologi.

Contohnya ketika dahulu orang membeli tiket pesawat harus ke toko agen tiket atau ke Bandara, sekarang orang bisa mencari tiket hanya dengan gadget nya, bahkan bisa leluasa memilih.

Mengapa identik dengan teknologi digital?
Iya, karena digital-internet merupakan salah satu alat yang cepat dan tak terbatas dalam menghubungkan komunikasi dan informasi. Hampir semua startup mempunyai platform web sebagai alat dan juga aplikasi mobile sebagai penunjang kemudahan interaksi.

 

Kesuksesan Facebook dan Alibaba menggerakkan startup di dunia

Kedua perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang terkaya dengan penghasilan terbesar di dunia saat ini. Facebook hanya sebuah media sosial disana orang-orang bisa mendaftar dan menggunakannya gratis, lalu Alibaba adalah marketplace terbesar di China, juga hanya sebuah tempat dimana orang-orang bisa berjualan dan membeli secara online. Pada awalnya orang bertanya dari mana mereka akan mendapatkan keuntungan? bahkan dulu banyak orang melihat itu sebuah bisnis yang konyol.

Itulah awal mula orang mulai membangun startup, yaitu sebuah bisnis yang berlandaskan pada upaya memberikan kemudahan kepada orang-orang dengan kemajuan teknologi yang nantinya akan mempunyai banyak orang yang menggunakan, dimana banyak orang di situlah nantinya menjadi sumber uang.

Di Indonesia ada Tokobagus dan Berniaga sekarang menjadi OLX, disana orang bisa mendaftar dan memasang iklan gratis untuk memasarkan produknya. Dulu banyak yang tanya darimana perusahaan tersebut mendapat keuntungan? sekarang jangan ditanya 😀 , OLX sudah menjadi website jual beli nomer 1 di Indonesia, masih ga tahu darimana keuntungannya?

Mengapa Startup identik dengan investor?

Layaknya semua bisnis selalu mempunyai modal dan investasi. Besar-kecilnya modal biasanya juga menggambarkan besar kecilnya usaha yang dibangun.

Uniknya bisnis startup ini pada mulanya tidak tahu darimana bisnisnya bisa menghasilkan keuntungan, tetapi yakin suatu saat keuntungan itu akan datang. Bagaimana bisnis berlangsung jika tidak ada balik modal untuk terus menjalankan bisnisnya? itulah sebabnya pendanaan investor yang menjadi modal selama dalam perkembangan. Startup biasanya akan terlihat revenue ketika sudah mempunyai market/user yang besar.

Konyolnya pelaku startup di Indonesia
Saya sering membaca dan mengamati bahkan sempat tertarik membuat startup, pada suatu saat saya berpikir startup mereka itu seperti konyol. Modal ratusan juta hingga milyaran dari investor tanpa tahu kapan keuntungan bisa datang?

Melihat gencarnya para pembuat startup (lihat id.techinasia.com) kadang saya berpikir seperti Unit Kegiatan Mahasiswa “UKM” dimana merekapandai merancang proposal dan mempromosikan untuk mendapat pendanaan di awal, setelah itu hanya sedikit yang berhasil sukses.

Kultur di Indonesia yang sulit diubah yaitu gaya suka ikut-ikutan, ketika orang ramai menjual produk tertentu maka mereka juga ikut menjual produk tersebut yang akhirnya menjadikan persaingan. Memang di dunia ini selalu ada persaingan, tetapi persaingan yang saling mamatikan itu layaknya persaingan di hutan rimba.

“Think Smart Dream Big, I dont know but I am care” Alifandolfa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s