Setelah Wisuda, Aku mau kemana?

Setelah menjalani kuliah selama 5 tahun 8 bulan akhirnya saya bisa wisuda lulus pada Mei 2015 dengan IPK hampir mencapai standar, jujur saja dibawah standar hahahaha 😀 . Wisuda rasanya spesial bagi saya karena seperti bebas dari beban, meskipun banyak orang mengatakan ini baru permulaan, justru itulah yang menyenangkan dan tantangannya.

Setelah wisuda rasanya jiwa terbebas dari beban, bebas dari akademik yang harus mematahui dosen untuk mendapatkan nilai mata kuliah A/B. Saya bersyukur bisa kuliah, tetapi saya bukan orang yang suka  di dunia akademik pendidikan, dan saya lebih suka pengalaman dan praktek, dunia kerja atau bisnis yang lebih mempunyai tantangan dan penghasilan yang nyata.

Berusaha mencari uang seratus ribu dari hasil usaha sendiri, kemudian bisa memilih mau digunakan untuk apa uang itu rasanya lebih membahagiakan ketimbang harus  mengerjakan tugas dan ujian dosen untuk mendapatkan nilai A.

Ketika lulus kuliah saya langsung melamar pekerjaan yang saya sukai dengan berbekal kemampuan dan pengalaman saya mendaftar di perusahaan di bidang Search Engine Optimization. Pertama kali mendaftar kebetulan langsung mendapat panggilan tes interview, tapi gagal karena jujur saja sngat konyol ga punya pengalaman tes sama sekali dan ga paham blas seperti apa menghadapi tes kerja 😀

Agak kecewa juga betapa bodohnya saya kehilangan kesempatan bekerja di salah satu perusahaan yang saya inginkan. Tapi tak apalah selama saya masih berdoa, yakinlah selalu ada Allah yang akan membantu. Kemudian coba daftar di perusahaan kedua, saya juga dipanggil untuk psikotes dan wawancara, yang ini juga gagal. Lalu sampai sekarang belum minat daftar-daftar lagi 😀

Ada hal yang membuat ragu, dan itu mungkin kelemahanku yang bisa jadi menyebabkan kalah saing di saat tes kerja. IPK yang dibawah standar dan waktu kuliah yang lebih lama. Tentu hal itu sangat jelas di CV yang saya lampirkan. Biasanya semua perusahaan melihat batasan IPK untuk seleksi awal, meskipun tidak utama tetapi tetap menjadi pertimbangan.

Ada satu pengalaman yang ngenes lagi tapi justru disitu saya dapat inspirasi. Suatu saat saya datang ke Job Fair, Heemm susah bener rasanya, ga ada perusahaan yang bisa saya coba untuk daftar karena IPK tidak memenuhi. Padahal cukup yakin punya kemampuan baik untuk bidang online marketing dan web management. Tapi jurusan saya dari jurusan Pertanian bukan dari Teknologi Informatika, fik ada 2 benturan. Disitu saya jadi merasa ragu jadi agak sulit bersaing utuk melamar kerja, apalagi standar perusaahaan sekarang begitu banyak dengan runtutan tes bejibun, jadi ragu dan ga semangat.

Saya terinspirasi mengapa tidak memanfaatkan keahlianku saja untuk usaha, apalagi passion nya juga di situ. Kenyataannya banyak wisudawan dengan IKP tinggi belum sadar harus kemana. Ketika saya melihat ribuan sarjana yang ramai melamar kerja, mereka kebanyakan bermodal ijazah dan IPK dan prestasinya. Biasanya nanti jika di terima di perusahaan akan menjalani masa training yang cukup lama, minimal satu semester hingga satu tahun. Nah itulah sebabnya perusahaan banyak memilih kandidat sarjana yang mempunyai standar, yang nantinya akan dididik untuk bisa bekerja sesuai keinginan pihak di perusahaan atau instansi nya.

Entah kenapa saat ini saya pending dulu buat cari kerja, malah rasanya semangat buat negembangkan bisnis. Kebetulan sudah lama juga serabutan bisnis online, jadi ada yang bisa dikerjakan meskipun hasilnya ga banyak. Bisnis tuh rasanya bergairah, selain bisa eksperimen sekaligus mencoba skill enterprenuer. Saya agaknya memang lagi malas cari lowongan kerjaan, yang saya baca saat ini ide bisnis dan pengalaman membuat startup.

Pokoknya bergairah mau bisnis apalah kedepannya, lumayan sudah ada planing dan step by step yang akan dikerjakan, jadi tidak cuma di angan-angan saja. Tetap diranah bisnis online karena sudah punya pengalaman dan pengetahuan disitu, mengapa tidak ditingkatkan.

Jadi untuk saat ini lagi bersemangat ingin memulai bisnis dan untuk rencana cari kerja nya ga tahu nanti belum yakin, yang jelas sudah ada langkah yang harus dilakukan.

Di situ saya merasa enjoy dan tertantang, ini nih rencana bisnisku dan langkah untuk sukses

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s