Strategi SEO untuk Tahun 2015-2016

SEO-IN-2015

Saya akan mencoba sharing di pertengahan tahun 2015 ini berkaitan SEO yang semakin terus di update, adakalanya bagi sebagian orang menguntungkan, dan tidak sedikit yang merugikan, bahkan menghancurkan. Algoritma yang terbaru di tahun 2015 adalah algoritma “mobilegedon” dan “Google Phantom”. Mulai tahun 2013 marak perubahan algoritma Google yaitu Panda dan Pinguin hingga sekarang masih berkeliaran mengeksekusi jenis blog/web dengan metode blackhat SEO. SEO untuk tahun 2015 ini banyak yang sudah sadar, apa sih mau nya Google dan bagaimana url kita bisa masuk atau bertahan di page one, oke ini ini saya coba jabarkan

Era Panda dan Pinguin
Sebenarnya jika mau memahami kemauan si Panda dan Pinguin ini kita bisa mengantisipasi dan segera menyesuaikan sebelum dibabat. Intinya adalah kualitas artikel, dan relevan keyword. Jenis-jenis artikel sampah hasil copy paste, optimasi bold dan backlink keyword jika kegrebek sama si Panda pasti deh di penalti yang akan terlempar entah dimana.Jadi anjurannya adalah membuat artikel yang sebaik mungkin.

Robot tetaplah robot
Saya sendiri masih sering melihat bahkan di tahun 2015 ini pelaku spam backlink masih efektif untuk meningkatkan keyword di page one dalam waktu singkat. Roobot crawl Google kerjanya mungkin masih sama, mengecek setiap url baru dan isinya dan ketika menemukan banyak url tersebut di web/blog lain (backlink) otomatis akan semakin dikenal oleh si robot crawl ini, maka si robot ini akan memberi sinyal untuk menempatkan url ke SERP yang tinggi (karena terkenal) backlink efek.

Tapi tunggu dulu, ingat ada polisi si Panda dan Pinguin yang berkeliaran. Artinya tidak lama lagi pasti akan ketahuan jenis-jenis backlink yang tidak natural tersebut, akhirnya kena penalti dan terlempar dari halaman Google.

5 Strategi SEO untuk tahun 2015-2016
Berikut ini urutannya

1. Kualitas
Pertama kali mulai dari struktur web yang baik seperti: brand, keyword, kategori, tag, theme, webmaster, sitemap, keyword density dsb. Kualitas artikel harus problem solving, misalnya ketika orang mencari di google tentang “cara menyembuhkan diare” maka artikel yang paling bisa memuaskan pembaca, memberi solusi itulah yang berkualitas.

2. User Engagement
Yaitu keikut sertaan pengunjung ketika membuka url website antara lain: durasi user membaca halaman, page view atau banyaknya user membuka-buka halaman lain, dan yang paling ultimate adalah share ke sosial media.

3. Backlink
Backlink akan masih tetap bagus dengan syarat: natural dan relevan sesuai keyword. Bahkan sekarang kabarnya pagerank tidak menjadi patokan lagi, bahkan backlink dofollow dan nofollow sama-sama bagus efeknya. Apalagi ada banyak yang membuka web kita dari backlink tersebut, jadi relevansi sangat penting. Contoh backlink yang bagus anda bisa melihat di artikel startupbisnis.com dan id.techinasia.com (sebuah contoh relevan backlink yang menarik orang untuk membuka).

Bagaimana dengan backlink blogwalking/komentar? masih bagus kog asal relevan keyword nya. Apa sih relevan? gini loh jika blog kita membahas tentang “bisnis online” maka ngebacklink nya di blog tentang “bisnis online” juga.

4. Media Sosial sharing
Share media sosial bukan bagian optimasi yang membuat url/keyword di peringkat atas google search, tetapi membuat url/keyword bisa bertahan di peringkat atas. Semakin banyak share yang di dapatkan maka posisi url kita sulit digeser dari halaman pertama. Karena sharing medsos menunjukkan seberapa menariknya web tersebut di mata user.

5. Mobile Friendly dan Responsive
Sekarang pengguna mobile/smartphone sudah hampir 60%-70% dibandingkan pengguna dekstop, karena simple dan mudah dibawa kemana-mana. Blog/web anda di tahun 2015 ini wajib mobile friendly. Anda bisa melihat saat di page pencarian google menggunakan smartphone akan ada keterangan “mobile friendly” untuk web blog yang sudah responsive, atau juga bisa cek di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Jika anda mulai sekarang bisa menerapkan 5 startegi SEO diatas maka dampaknya akan bagus di tahun 2016 mendatang. Sekian sedikit sharing dari saya, jika suka share yaaa

Advertisements

One thought on “Strategi SEO untuk Tahun 2015-2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s