Pengalaman Menggunakan Web Hosting Lokal vs Luar Negeri

web hosting

Sekarang mau berbagi pengalaman tentang web hosting, tentunya udah pasti tahu apa itu hosting bagi kita yang lagi belajar atau yang sudah lama berurusan dengan web/blog. Karena sudah pernah memakai hosting luar negri dan hosting lokal Indonesai, bolehlah jika saya mencoba sharing. Biasanya yang dicari informasinya mana yang lebih bagus dari sisi kelebihan, kelemahan, harga, kualitas, dan jumlah data space dan bandwidth. Oke mungkin ada yang belum 100% paham tentang web hosting saya coba sedikit menjelaskan

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs/website. Setiap paket hosting akan menawarkan disk space, bandwidth, addons domain, email dll

Disk space adalah ruang untuk menyimpan data-data web seperti tema, gambar dan postingan

Bandwidth adalah kapasitas yang disediakan untuk menampung pengunjung, biasanya setiap pengunjung menyedot bandwitdh sekitar 50 – 200 kb per halaman (tergantung pada isi halaman web).

Pada umumnya yang menjadi tolak ukur seseorang menyewa hosting di jasa hosting adalah perbandingan disk space, bandwidth, addons domain dan harga. Itulah yang menjadi perhitungan saya juga saat akan menggunakan jasa hosting, karena kalau salah tempat bakal muncul masalah nantinya.

Pengalaman Hosting Indonesia
Jika ingin membuat web blog dengan domain sendiri yang lebih profesional menggunakan hosting lokal adalah pilihan yang cukup bagus. Dari pengalaman saya sendiri selama ini belum bisa 100% yakin dengan perusahaan hosting di Indonesia karena beberapa kali sering maintenance sehingga blog ga bisa dibuka. Meskipun ga sampai lebih dari 24 jam, tapi lumayan bikin ga enak.

Kelebihan hosting Indonesia banyak pilihannya, mulai dari harga paket yang murah (harga kantong mahasiswa) hingga tingkat harga web perusahaan. Komunikasi dengan customer service lebih nyaman dan biasanya fast respon di jam-jam kerja. Pembayaran juga gampang pake transfer bank lokal.

Saya saat ini juga memakai salah satu hosting lokal domainesia yang pilihan harga relatif murah dengan bandwitdh unlimited

Jika tujuannya untuk membuat web personal, atau web tester dengan perkiraan trafik ga sampai 500 visitor/hari sih sepertinya masih oke pake paket medium  plus domain yang rata-rata harganya 200.000 sd 250.000. Coba deh cari saja di google soalnya saya ga ngiklanin jasa hosting 😀

Jika tujuannya seperti yang saya jelaskan diatas, bolehlah 100% yakin pake hosting lokal, tapi kalau kasus saya yang membuat web dengan tujuan visitor lebih dari 2000/hari. Meskipun jasa hosting menawarkan bandwidth 50 GB/month atau unlimited sekalipun, tetap ada keraguan. Jujur saya baru mencoba hosting lokal untuk membuat blog target visitor gede, dengan paket disk space 500 MB dan bandwidth unlimited. Apakah benar-benar unlimited lihat saja nanti setelah page view mencapai minimal 5k per hari. Kalo ga kondusif terpaksa nanti harus pindah web hosting luar negeri.

Hosting luar negeri US/UK
Memang kalo luar negeri kebanyakan kualitasnya memang mantab, meyakinkan, jarang sekali down. Tahun lalu saya pake di hawkhost, ada juga antara lain: hostgator, godaddy, secure, namecheap dll. Saya sewa hosting + domain setahun di hawkhost tapi ga jalan web nya, waktu itu pas ada kupon diskon 60%. Setelah masa renewal perpanjangan rasanya berat mahalnyaaa hahahaha, jadi terlentar deh 😀

Itu dia masalahnya kalau hosting luar rata-rata pilihan paketnya langsung mahal-mahal meskipun sebenarnya juga dengan tawaran disk space dan bandwidth bedar sd unlimited. Rata-rata minimal harganya $3,6 per bulan jadi $43.2 per tahun belum domainnya sekarang sudah $12,5 per tahun. Jadi minimal modal 600 – 800 ribu jika dirupiahkan. Belum pembayaran dollar via paypal. Biasanya para master blogger yang pada lebih suka menggunakan hosting luar karena terjamin kualitasnya bikin tenang.

Mahal mana hosting lokal atau luar?
Mahal hosting Indonesia..! saya sudah banyak ngitung-ngitung dari perbandingan disk space dan bandwidth. Hanya saja hosting lokal bisa memberi paket harga yang murah dengan disk space dan bandwidth yang kecil.

Kalau ada pertanyaan silahkan komen saja ya broo, thanks salam online activity

4 thoughts on “Pengalaman Menggunakan Web Hosting Lokal vs Luar Negeri

  1. Ini sifatnya saran saja dan pendapat pribadi.

    Bila target pengunjung Indonesia, lebih bagus pakai hosting lokal.
    Atau kalau memang agak paranoid dg hosting lokal, bisa menggunakan hosting luar dengan server Singapura, yang agak dekat dg Indonesia, supaya site speed nya lebih kenceng.

    Hosting lokal sendiri banayaak yang bagus, seeprti Niagahoster, Jagoan Hosting, Dewaweb, Domainesia, IDCloudhost, BEON,

    Sepengalaman saya kelima penyedia itu yang paling bagus.
    Dan kebetulan saya sudah membuat perbandingannya, jika tidak keberatan saya meletakan link di komentar sebagai tambahan referensi tambahan saja 🙂

    http://penasihathosting.com/hosting-terbaik/

    Memang… sebagian besar penyedia hosting menjamin disk space dan bandwith Unlimited, tapi biasanyaaa arti dari unlimited itu berbeda2 tiap penyedia hosting, saran saya sebaiknya dibaca dulu terms and conditionsnya.

    Dan bila memang membutuhkan resource yang cukup besar, bisa di upgrade hostingnya dari shared hosting ke VPS Cloud (beberapa penyedia hosting lokal sudah banyak yang menawarkan VPS Cloud).

    Bila target internasional maka lebih baik pakai hosting luar.
    Hosting luar memang ga usah ditanya lagi soal kualitas, seperti Inmotion hosting, bluehost, siteground, hostgator, Ipage (yang pernah saya pakai).

    Ngomong2 saya jg pernah pakai GoDaddy hosting karena sangat murah biayanya (untuk tahun pertama) hanya $13 (sudah incl domain), tapi tdk sy rekomedasikan, karena sering down.

    Terakhir soal harga, sebenernya hosting luar lebih mahal mas atau ga jauh beda dg hosting lokal.. Tahun pertama aja yang murah, karena diskonnya gede, tahun kedua dan seterusnya biasanya balik ke harga normal, jadinya lebih mahal. Syukur2 dapet kupon renewal tiap perpanjangan 😛

    Like

    1. Terimakasih pak atas masukanya, masalah nyaman dan pengalaman kembali lagi ke masing-masing. Kalo saya memang lebih mudah hosting lokal karena komplain nya gampang ( tapi pengalaman ya sering ada masalah seperti down/maintenance sering)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s