Langkah Pertama Memulai Bisnis Online

memulai bisnis online

Bagaimana sih cara memulai bisnis online? mungkin ini yang menjadi pertanyaan di benak anda yang ingin mencoba mendapat uang dari internet. Pasti sudah banyak artikel-artikel di blog atau website yang membantu menjelaskan. Menurut saya setiap orang pasti berbeda-beda pengalaman, saya sendiri banyak saya ceritakan di tulisan-tulisan “bisnis online” karena salah satu aktifitas saya adalah bisnis online.

Hal pertama sebelum memulai bisnis online yaitu:

Identifikasi Diri 

Anda lebih suka bekerja dan berhubungan dengan orang untuk menghasilkan uang dan cenderung bisa menjalin hubungan/bisnis baik secara langsung, maupun tidak langsung melalui sosial media. Anda tertarik dan suka menawarkan dan menjual suatu barang kepada orang-orang terdekat anda.

Atau sebaliknya, anda sulit untuk berhubungan dengan orang lain dan lebih fokus jika bekerja sendiri.

Ekstrovert
Bisnis online semi offline adalah yang paling cocok  seperti jual beli online melalui sosial media, reseler, dropshipping , toko online di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Elevenia dsb

Bisnis online tipe ini biasanya selalu berhubungan dengan orang lain yang hasilnya bisa cepat didapat, jika jualan laku, hasil dan keuntungan akan jelas terlihat.

Introvert
Ciri kita ketika ingin mencoba bisnis online tapi merasa belum siap menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan rekan bisnis atau konsumen. Anda masih mencari hal-hal pasive yang bisa mendatangkan uang, apakah ada passive income, bekerja online tanpa harus julalan produk ke orang, ada sekali.!!

Passive income contohnya seperti publisher, afiliater, web designer, apps developer, Search engine optimization specialist. Bisnis online tipe ini biasanya tidak terlalu banyak berhubungan dengan orang, kebanyakan akan berhubungan dengan komputer. Butuh waktu cukup lama minimal 3-6 bulan bahkan sampai satu tahun baru bisa menghasilkan.

Andrew Darwis CEO sekaligus pemilik kaskus.co.id adalah salah satu contoh orang introvert, bagi orang-orang yang kenal dia ga ada yang meragukan lagi kesuksesannya di bidang internet dengan omset 2 M setiap bulannya.

Tapi, bukan berarti introvert tidak bisa melakukan bisnisnya orang tipe ekstrovert, atau sebaliknya. Semua orang punya  kesempatan untuk memilih, tetapi jika dilakukan sesuai sifat kita maka akan lebih “enjoy dan sukses”

So.! yang manakah diri anda? langkah selanjutnya adalah mulai mencari informasi, belajar dan segera beraksi, langkah ke-2 memulai bisnis online

2 thoughts on “Langkah Pertama Memulai Bisnis Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s