Evaluasi Tahun 2014

2014

Tahun 2014 telah berakhir dan menyongsong tahun 2015, tercatat sudah 3 tahun menekuni dunia bisnis online sejak tahun 2012, khususnya blogger sebagai publisher. Dengan evaluasi yang gw tulis ini harapanya di tahun 2015 bisa lebih maju mencapai target yang belum tercapai. Baru kali ini gw menuliskan evaluasi dan memposting di blog, karena memang baru kali ini serius punya blog pribadi dengan nama favorit alifandofla (Alifan Doflamingo). Evaluasi mungkin seputar kuliah, bisnnis online dan hobi yang pantes buat dibaca umum.

Kuliah masuk tahun ke 6, gagal wisuda bulan November 2014, padahal sudah mulai mengajukan Judul skripsi di bulan Februari. Tapi mulai serius mengerjakan ketika sudah bulan Agustus, jadi selama 5 bulan tidak ada kemajuan apa-apa. Bukan tanpa sebab, karena setelah judul jadi ada kebimbangan untuk maju penelitian, intinya ragu dengan apa yang akan diteliti. Saat bimbang itulah sekitar 3 bulan vakum, selama vakum itu gw mengenal game Dota 2, sehari-hari hanya fokus ngeblog dan main Dota. Akhirnya sebelum Ramadhan gw konsultasi dosen dan survei target penelitian, barulah paham konsepnya dan yakin untuk melanjutkan mengerjakan skripsi.

Saat ini progres skripsi sudah selesai penelitian mengambil data, selanjutnya tinggal mengolah data, pembahasan, seminar dan pendadaran. Awalnya menargetkan wisuda priode bulan Februari, tapi syaratnya harus sidang pendadaran di minggu pertama bulan Januari, jadi sudah pasti tidak bisa.

Hobi alhamdulillah di bulan Februari tgl 6,7, 8 gw ke Jakarta nonton theater JKT48 di FX Sudirman Senayan. Nonton setlist Dareka no Tameni dari team J dan Boku no Taiyeo dari team K3. Kebetulan untuk yang Dareka no Temani (Demi Seseorang) adalah setlist baru, sedangkan Boku no Taiyeo (Matahri Milikku) adalah setlist lama sebelum ganti baru. Pokoknya itu termasuk pencapaian untuk masalah hobi ngefans JKT48. Tahun 2013 sudah 3 kali nonton untuk yang setlist Renai Kinshi Joure (Aturan Anti Cinta).

Pencapaian terindah pada tanggal 7 Desember bisa datang ke event Handshake JKT48 singgle Kokoro no Placard (Papan Penanda Isi Hati). Bisa bertemu Ayana, ngobrol dan yang paling spesial foto berdua sama Ayana Shahab member JKT48 yang gy suka dan cinta (Oshi).

Photo diatas (hiden 😛 ) adalah momen terindah bersama Ayana JKT48 pujaan hati gw, yang gw tempuh penuh perjuangan hiks :” )

Bisnis online sudah terhitung 3 tahun pas, dan 2 tahun 5 bulan punya akun Google Adsense. Ternyata banyak kemunduran dibanding tahun-tahun sebelumnya, terutama banyak berkurang waktu  buat ngeblog. Sebenarnya kalo dari segi penghasilan/earning Adsense awal tahun 2014 cenderung naik, tapi karena intensitas ngerjainnya berkurang , perlahan-lahan visitor blog turun. 4 blog utama visitor sempat naik di pertengahan taun, namun memasuki bulan Oktober turus menurun, kemungkinan kena efek algoritma Google Panda 4,2 pada bulan Oktober.

Project blog ga ada yang berhasil, sempat ide buat blog inggris target “high Payment keyoword” sampai membeli domain dan hosting di awal tahun bulan Januari, tapi akhirnya ga jalan karena salah konsep. Project vakum dan kembali stagnan di blog utama. Aktivitas nge blog hanya riset keyword dan posting, sering juga pusing memperbaiki saat visitor turun sampai lebih 50%.

Blog utama yang visitornya 2500 an perhari pada bulan November turun jadi 800 an dan sekarang menjadi 500 an. Banyak postingan yang hilang dari halaman pertama Google. Gw cek kemungkinan ada negative link dari spamer blog lain yang merusak kualitas backlink. Baru bulan November benar-benar gw cek tautan link masuk di webmaster, benar saja banyak broken link dari web yang tidak aktif. Sudah tak coba disavow link namun hasilnya belum terlihat. Padahal tahun 2013 mennarget penghasilan Adsense minimal mencapai $300/bln, ya sudahlah gpp.

Tahun 2014 gw banyak menghabiskan waktu untuk main Dota. Tapi gw juga fokus ke skripsi sehingga benar-benar banyak berkurang fokus ngeblog, bahkan posting saja seminggu sekali.

Oh iya tapi tahun 2014 tahun yang indah buatku, ga pernah galau lagi sudah menemukan cinta yang bikin selalu bahagia. Selama tahun 2014 perasaan lebih banyak happy nya. Diet dan fitnes cukup sukses sampe tubuh ideal dan lumayan berotot dikit, jadi ngerasa tambah ganteng aja hehe, tahun 2013 gw gemuk. Mungkin 2014 ini tahun yang sukses buat hati gw hehehe. Jadi 2014 tetep istimewa meskipun banyak kemunduran dan kegagalan.

Oke setelah evaluasi selanjutnya buat plan dan target untuk tahun 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s