Mengenal apa itu SEO dan serba serbinya

SEO Marketing

SEO singkatan dari Search engine optimization tentu sangat familiar dengan para pelaku internet marketing, seperti toko online dan content marketing karena SEO = teknik/strategi. Disebut teknik karena bertujuan untuk menampilkan sebuah url web/blog di urutan teratas di halaman 1 pencarian Google, yahoo, atau bing. Semakin tinggi posisi maka akan mendatangkan banyak visitor. Sebuah website atau blog bisa menjadi majalah, surat kabar online dan toko online, semakin banyak visitor artinya pasti banyak pembaca dan calon pembeli.

Serba-serbi SEO yang mungkin tidak anda ketahui

Google Oriented
Saat ini tujuan SEO sendiri untuk mendapat peringkat teratas di halaman Google, artinya para pelaku optimasi bertujuan untuk google, cenderung melakukan apa yang bisa menarik perhatian google sebagai search engine yang paling dominan.

SEO bisa juga sebagai iklan/metode promosi
Apa tujuan iklan? untuk menarik konsumen supaya membeli produk atau atau menggunakan jasa. Ada istilah “search engine marketing” untuk menarik konsumen melalui media search engine. Karena hampir semua pengguna internet mencari sesuatu melalui search engine.

Belum ada kurikulum SEO secara pasti di perkuliahan
Saya sering menemui teman-teman yang kuliah di Teknologi Informatika sama sekali tidak paham ilmu SEO. Benar saja karena bisa dibilang penerapan SEO itu mengikuti aturan search engine yang dinamis. Update algoritma sebagai landasan SEO selalu dilakukan. Selama 2 tahun saya berkecimpung di dunia online, mungkin sudah 5-6 kali update algoritma.

Terlihat mahal tapi justru lebih murah bahkan gratis
Asumsinya suatu iklan akan semakin mahal jika semakin besar saingan suatu produk dan semakin banyak potensi iklan tersebut untuk menarik konsumen. Jika toko online menempati posisi tertinggi di page Google, asumsinya  mempunyai potensi besar mendatangkan banyak pengunjung/konsumen.

Seo itu ribet dan mahal karena mempunyai kelebihan dengan “target spesifik” yang potensial. Orang yang menuliskan “rental mobil di Jogja” di pencarian Google tentu lebih potensial dibanding dengan iklan di televisi yang tidak semua penonton tv akan mencari mobil rental.

Seperti iklan bukan berarti iklan
Tujuan SEO jelas yaitu untuk mendapatkan posisi tertinggi di halaman Google. Sedangkan iklan mempunyai tujuan sebagai alat promosi. Iklan lebih luas yaitu untuk menunjukkan, untuk membiasakan, dan untuk mengenalkan pada masyarakat terhadap suatu produk atau jasa. Ketika masyarakat sudah tahu dan sudah kenal, mereka secara tidak sadar akan timbul ketertarikan yang akhirnya membeli produk atau menggunakan jasa tersebut yang pada awalnya mereka tidak mencari bahkan tidak membutuhkannya. Sedangkan SEO bertujuan menunjukkan langsung apa yang dibutuhkan dan dicari orang melalui search engine.

Akhir kata, dari pandangan saya sendiri era sekarang inovasi internet semakin maju. Search engine marketing adalah metode baru untuk strategi iklan yang potensial yang masih jarang diketahui dan masih sedikit yang mengetahui cara memanfaatkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s