Apa saja kelebihan dan kekurangan beriklan di Internet?

online internet ads

Iklan atau promosi di internet saat ini bukan suatu hal yang asing lagi, karena semakin hari pengguna internet khususnya di Indonesia terus bertambah. Iklan sudah muncul sejak era media cetak, baliho, kemudian media elektronik (TV dan radio) yang sampai saat ini masih dipakai. Prinsip “promosi” akan efektif jika ditempatkan di suatu tempat yang dikunjungi, diketahui, dan dilihat banyak orang. Seperti media massa (koran/majalah), jalan raya, pasar, event dsb adalah tempat-tempat yang biasa dipilih untuk memasang iklan.

Di era kemajuan internet memberi banyak kelebihan untuk beriklan, dengan promosi konten bisa menampilkan tulisan, gambar, video, dan suara. Dengan internet akses tanpa batas dan jangkauan yang luas tentu saja bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai tempat beriklan.

Kelebihan beriklan di Internet
Tentu saja banyak kelebihan dengan beriklan atau promosi di internet antara lain:

    • Murah, dibandingkan dengan beriklan di TV, radio dan surat kabar, beriklan di internet dengan media Google, Facebook, iklan baris, dan marketplace ternyata bisa lebih murah.
    • Gratis, selain murah banyak juga media iklan gratis menggunakan media iklan baris, blog, facebook, twitter dan lain-lain.
    • Iklan gratis contohnya menggunakan olx, facebook, Instagram, twitter, blog gratis. Dengan trik memanfaatkan iklan gratis di Internet yang perlu anda pelajari. Karena belum tentu mudah jika tidak paham caranya.
    • Akses yang luas, jika beriklan dengan menggunakan bahasa Indonesia kemungkinan bisa diakses di seluruh wilayah Indonesia, jika menggunakan bahasa Inggris kemungkinan bisa diakses lebih luas di seluruh dunia yang mayoritas penduduknya mengunakan bahasa Inggris.
    • Target yang spesifik, layanan iklan seperti contohnya di Google dan Facebook semakin menekankan tayangan iklan pada target pasar yang potensial berdasar spesifikasi keyword, jenes kelamin, usia, dan minat yang bisa di deteksi melalui cookies di Google dan biodata di Facebook.

Kekurangan beriklan di Internet

  • Anggapan pemula yang salah, bahwa dengan memasang iklan di internet kita bisa langsung mendapatkan pengunjung dan pembeli. Padahal banyak faktor dan pesaing untuk bisa sampai mendapatkan pembeli.
  • Iklan gratis (free ads) marketing pemula (model spam) seringkali lebih menarik pelaku pebisnis skala kecil sehingga lupa untuk untuk belajar mengembangkan target pasar dan kalah bersaing di skala yang lebih besar dengan para pebisnis besar (digital marketing)
  • Agak sulit bagi yang belum tahu / menguasai caranya dan belum terbiasa. Misalnya cara mendaftar, membayar iklan, dan mengelola strategi-strategi mengoptimalkan promosi di internet marketing dsb.
  • Kurang paham memaksimalkan media promosi di internet; content marketing, blog marketing, marketplace, iklan baris, sosial media marketing, search engine optimation. Hal-hal tersebut harus anda pelajari dan minimal kuasai salah satu nya

Salah satu contoh mudah adalah menggunakan blog untuk menarik orang yang membutuhkan sesuatu dan mencari di internet , ketika orang tersebut menemukan informasi yang sesuai dengan apa yang dia butuhkan, buat supaya dia mengontak nomer yang kita cantumkan dan membeli produknya.

Ini contoh-contoh weblog sederhana untuk jualan online dan promosi menarik pembeli dari internet:

 

2 thoughts on “Apa saja kelebihan dan kekurangan beriklan di Internet?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s