Inilah Beberapa Kelebihan Mempunyai Blog

Blog

Kemunculan blog mulai populer pada tahun 2007-2008 sebagai media gratis yang mirip sebuah situs di internet untuk menulis dan mempubikasikan cerita, berita, informasi, atau diary pribadi. Disebut dengan web 2.0 yang paling populer adalah blogger, wordpress, multiply (sudah non aktif), livejournal, tumblr dll. Awalnya mulai dikenal dari sekolah-sekolah menengah atas dan perguruan tinggi yang berbasis IT, hingga orang umum yang kemudian mencoba memanfaatkan blog untuk memposting konten sesuai keinginan mereka. Konten dan tulisan bebas, bisa tulisan cerita pribadi, informasi, gambar, video dsb. Biasanya awal membuat blog untuk menulis diary dan saling follow antar teman blogger, atau hanya copy paste yang kira-kira menarik untuk di posting.

Banyak kelebihan dengan mempunyai blog, banyak sisi positifnya, bisa juga dibilang sebuah karya. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh:

  • Menyalurkan hobi menulis. Banyak orang yang hobi nulis, pada jaman dulu mungkin hanya ditulis di lembaran – lembaran buku atau dikirim ke majalah dan surat kabar jika beruntung bisa dimuat dan mendapat upah yang lumayan. Dengan kemunculan blog, orang bisa membubuhkan tulisannya di blog. Blog bisa di setting private sehingga hanya dia sendiri yang bisa membaca atau dipublikasikan umum sehingga semua orang bisa membaca.
  • Untuk menyampaikan cerita tentang hobi dan pengalaman yang bisa dibaca banyak orang, contohnya blogger traveling, food blogger, advanture dsb. Selain bisa berbagi cerita, orang yang membaca akan memperoleh pengetahuan.
  • Nilai plus untuk portofolio atau curiculum vitae saat melamar kerja. Blog bisa disebut sebuah karya sehingga bisa memberi nilai lebih pada pemiliknya. Apalagi blognya bagus, isinya menarik dan banyak pengunjung. Tentunya nilai tambahnya akan lebih tepat jika di pekerjaan bidang junalistik dan komunikasi.
  • Bisa untuk mendapatkan uang. Pada tahun 2008 mulai populer blog bisa digunakan untuk mendapatkan uang dengan memasang iklan potensial. Saat itu masih minim khusus untuk blog-blog berbahasa inggris, tapi sejak tahun 2010 mulai muncul iklan-iklan lokal yang bisa dipasang di blog yang memiliki banyak pengunjung. Saya sendiri memulai bisnis online dan sampai bisa menghasilkan uang dari blog.

Rasanya tahun 2015 akan semakin banyak yang menganal blog dan website. Banyak individu yang membuat brand dengan blog pribadi seperti alifandofla.com ini, dan perusahaan menggunakan web untuk menunjang informasi. Ini menunjukkan semakin berkembang teknologi informatika, semakin banyak media online dan muncul toko online di Indonesia.
Salah satu blog saya www.mancinginfo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s