Cerita saya mendapat ribuan dolar dari bisnis online

Payment Google Adsense.jpg

Bisnis online yang pertama kali dan sampai saat ini masih menghasilkan buat saya adalah Google Adsense (GA) media patner antara google dan publisher/blogger untuk menayangkan iklan dari para advertiser. GA bagi para blogger adalah salah satu sumber penghasilan yang cukup menjanjikan dari internet, dari situlah awalnya saya tertarik terjun ke aktifitas ngeblog. Membuat blog bukan untuk nulis dan posting berdasar hobi atau diary blog pribadi layaknya orang-orang pada umumnya, tetapi membuat dengan tema yang kontenya ditargetkan untuk bisa dipasangi GA. Untuk bisa mendapat uang dari penanyangan iklan adsense, sebuah blog harus punya konten yang bisa banyak mendatangkan visitor sebagai pembaca, seperti majalah.

Semenjak diterima oleh GA, bulan pertama menghasilkan earning adsense $5, bulan kedua $7, dan meningkat sampai $50 sd $100 lebih tiap bulan. Hasil segitu cukup banyak bagi yang belum pernah merasakan dolar dari internet, tp bagi para master itu jumlah yang biasa masih kecil. Awal memulai, kesulitan ga hanya 1,2 atau 3 hari atau seminggu dua minggu untuk bisa mewujudkan penghasilan dolar dari internet, barapa lama hingga payout? ikuti saja nanti akan tahu sendiri berapa lama sampai akhirnya bisa menghasilkan.

Jujur agak malu menceritakan karena merasa belum pantes menjadi inspirasi, karena jujur saja hasil tiap bulan masih sekitar seratusan dolar, jika dirupiahkan sekitar 1 juta samapi 1,5 juta. Loh judulnya kog ribuan? haha itu hasil total jika dihitung semua hampir $ 1,5K atau menembus 16 juta rupiah, berapa bulan mendapatkan $ 1,5k? kurang lebih 2 th (sejak pertama menghasilkan sampai saya tulis disini). Jika dibagi berarti rata-rata $62,5 setiap bulan. Tapi saat itu selama 5 bulan pertama hanya mendapat dibawah $10 per bulan dan sedikit demi sedikit terus bertambah earning tiap bulannya dan berhasil PO setelah 8 bulan memasang iklan adasense di blog.

Kenyataan hanya segitulah penghasilan GA selama hampir setahun, masih rendah jika dibanding part timer. Tapi saya sudah sangat bersyukur sekali karena bisa banyak merubah keadaan dan menjadi mahasiswa yang punya uang penghasilan sendiri. saya mulai negblog saat kuliah sebagai mahasiswa di Jogja semester 6-7, dan memposting “senangnya mendapat ribuan dolar dari bisnis online” disela-sela kesibukan mengakhiri skripsi di semester 11, ga juga sih dibilang kesibukan karena skripsi ga terlau sibuk-sibuk banget.

Setelah gajian adsense pertama, selanjutnya bisa payout lagi setiap 2 bulan sekali karena harus batas minimal payout $100, karena per bulan earning belum sampai batas payout. Pertama kali payout di bulan Maret 2014 ($104,66) setelah waktu 8 bulan setelah diterima Google Adsense dan memasang iklan di blog. Saya mencairkan di westren union kantor Pos terdekat dengan perasaan deg-degan, menerima uang pertama kali hasil jerih payah berbulan-bulan rasanya senang banget dan bersyukur. Sebenarnya saat itu sebelum mendapat hasil dari bisnis online saya sudah bekerja serabutan seadanya, sehari bisa menghasilkan 20 ribu – 50 ribu, tapi seminggu paling cuma kerja 2 hari.

Saya harus kerja serabutan karena sebagai mahasiwa yang uang bulanan dari ortu sangat pas-pasan, saat itu ingat banget jarang sekali ikut futsal karena sayang uang 10 ribu hanya buat futsal 1-2 jam mending buat makan. Pada saat itu teman-teman kampus dan teman SMA perkumpulan di Jogja lagi ramai-ramainya suka futsal, 2-3 kali seminggu. Uang saku hanya pas buat makan, bensin dan urusan kuliah, itupun makan dengan harga yang murah, jika lebih dari 10 ribu sudah kelabakan. Dari situlah saya selalu mencoba berusaha mendapat tambahan uang sendiri dengan kerja serabutan dan sampai menekuni bisnis online khususnya blogger publisher adsense.

Payout adsense setiap 2 bulan sekali dengan jumlah rata-rata 1,3 juta – 1,8 jt berarti saya sudah punya tambahan sekitar 600 ribu – 900 ribu tiap bulan. Rasanya sudah sisa uang saya, bisa makan sesukanya, beli pakaian, ngasih saku ke adik, dan pastinya traktir teman sebagai rasa syukur. Saya ga pernah memaksa untuk ditabung, ingin merasakan bisa senang dengan mempunyai uang sendiri bisa sering makan enak, nonton bisokop yang dulunya itu kegiatan haram, dan menjadi fans JKT48 yang bisa nonton konser dan theter di Jakarta. Rasanya JKT48 itu ada kebanggaan dan memacu semangat untuk berjuang, bagaimana bisa JKT48 memberi saya semangat berjuang?

Wah wah ternyata sudah ngelantur kemana-mana, mulai dari curhat nasib mahasiswa pas-pasan sampai jadi fans JKT48. Posting selanjutnya akan berbagi cerita tentang cara mendapat uang dari google adsense. Byee

2 thoughts on “Cerita saya mendapat ribuan dolar dari bisnis online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s