SEO yang rumit ribet dan mahal harganya

optimasi SEO

Apakah itu SEO? yaitu singkatan dari Search Engine Optimization sebuah ilmu atau metode optimasi supaya mendapat posisi bagus di search engine khususnya Google. Posisi tinggi berada di page/halaman 1 Google di urutan 1,2, 3 dst. Paham kan kenapa rumit ribet dan mahal harganya? contoh saja misalnya orang punya produk “batik Jogja” ingin dipasarkan melalui internet. Berapa banyak pencari dengan menulis kata kunci “batik Jogja” coba bayangkan jika orang tersebut mempunyai web/blog atau toko online batik Jogja yang posisinya di halaman 1 urutan no 1 Google, berapa orang yang akan berkunjung ke toko online dia? pasti banyak

Itu sekedar intro saja, ketinggalan jaman jika pelaku bisnis online ga kenal SEO, paling tidak seharusnya tahu apa manfaatnya, kalau mau praktekin itu tadi memang rumit dan ribet. Kog saya tahu? selama ngeblog yang saya pelajari dan praktek kan selalu berurusan dengan SEO. Karena jika artikel blog di page 1 urutan 1 google, maka visitor jadi banyak, visitor banyak iklan semakin bagus dan uang dari iklan semakin banyak, begitu secara gampangnya.

Hampir setiap orang Indonesia saat ini mencari informasi di internet pasti lewat google, lalu mereka membuka link yang berada di urutan nomer 1,2,3 dst, mencari yang paling pas buat dia. Kalau membuka link no 1 sudah pas, mungkin nyoba no 2 lalu no 3. Bayangkan jika artikel kita ada di halaman 2 berarti di urutan 11,12 dst berapa orang yang akan membuka? jika ada tapi kemungkinannya sedikit banget, dampaknya kunjungan visitor rendah, ga ada pembeli yang datang dari internet jika itu toko online.

Sistem Google menampilkan link sebuah informasi itu ga bakal berubah setiap jam atau setiap hari. Kemungkinan akan ada perubahan, setiap sebulan sekali, 3 bulan atau 6 bulan. Perubahan posisi web/blog di serch Google mempunyai aturan yang rumit yang biasa disebut algoritma. Itulah sebabnya yang tadinya blog sudah posisi 1 suatu sat bisa jatuh, sedangkan yang tadinya ga berposisi bisa naik di posisi 1 halaman 1. Ga selamanya yang diatas selalu diatas dan dibawah selalu dibawah. Tapi dengan SEO kenyataannya bisa mempertahankan posisi, dan banyak yang posisinya jatuh tapi bisa bikin naik lagi, itulah ilmu SEO yang menjadi mahal.

Mahal? berapa banyak saingan dengan kata kunci misalkan “batik jogja” berapa banyak bog, web, toko online, pemasar online yang berlomba-lomba supaya produknya nya berada di halaman 1 Google?

Ya seperti itulah gambaran singkatnya, sampai saat ini ilmu SEO yang pasti 100% itu tidak ada, banyak metode dan aturannya sering berubah-ubah perbaikan algoritma dari pihak Google.

Ini beberapa hal tentang serba serbi SEO 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s