Pengalaman Saya Bisnis Online Part 2

bisnis online adsense

Oke lanjut gimana saya bisa memulai bisnis online yang pada awalnya pesimis saat melihat teman saya, karena modal dan kemampuan yang sangat terbatas. Kebetulan? iya tapi saya percaya ini adalah salah satu anugerah Allah yang akhirnya saya jalani dengan positif. Apasih? ya “bisnis online” bisnis apa? “google adsense” tahu ga apa itu google adsense? yaitu media iklan dari Google yang saya mendaftar menjadi publisher lalu dibayar dan menghasilkan uang ($$) dolar, mantabb kan yaa. Bagaimana menjadi publisher? singkatnya harus  mempunyai blog berkualitas dengan banyak visistor seperti yang saya ceritakan sebelumnya bahwa teman saya itu menghasilkan $300 – $500 per bulan dari Adsense

dengan mempunyai web blog berbahasa inggris bertema health dan fashion – Pengalaman saya bisnis online 1

Inti masalah saya ingin ikut Adsense tapi ga punya modal uang dan skill IT, sedangkan teman saya mengeluarkan modal dan kuliah di jurusan IT. Ceritanya saat itu saya suka main game Dota dan kebetulan nemu sebuah blog “Dota Guide Indonesia” blog nya pakai bogspot isinya keren banget dan saya percaya itu benar-benar berkualitas. Dan tiba-tiba ada yang menarik, blog tersebut ada iklan keren banget di header atas postingan dengan ukuran iklan 720 x 90. Iklanya itu “Standard Chartered” sebenarnya saya kurang paham itu apa, tapi kelihatannya Bank dunia dan sebagai brand jersey Liverpool, itu yang membuat saya percaya itu iklan premium keren yang tampil di blogspot. Saya saat itu sudah tahu kalau blog menampilkan iklan kemungkinan bisa mendapat uang dari iklan tersebut. Blogspot menjadi inspirasi dan pencerahan saya pertama kali untuk memulai bisnis online.

Saya tahu pakai blogspot itu gratis dan lumayan mudah membutnya, mulailah cari-cari ide tema nge blog. Agak lupa sepertinya saat itu saya mencoba bikin bahasa ingris karena dibilangin teman kalau untuk pasang adsense lebih baik pakai bahasa ingris hasilnya lebih banyak, sedangkan blog ber bahasa Indonesia tidak cocok buat adsense. Kemudian saya mencoba membuat dengan tema inovasi teknologi, isinya tentang hanphone terbaru, alat listrik terbaru, sampai mobil pokoknya yang baru-baru “new” (inovasi). Padahal sama sekalai ga bisa bahasa ingris cuma modal google translate dan diteliti dikit-dikit yang sekiranya paham. Pertama kali rasanya senang saja sudah ada harapan mendapat uang dari bisnis online, aslinya itu masih jauh banget dari pundi pundi $$ hahahaha

Hari-hari selain kuliah dan main Dota ada waktu khusus biasanya habis magrib sampai jam 8 (2 jam) buat nge blog kadangkala kalau pas besok libur ga kuliah, sampai pagi buat otak-atik template. Saat itu belum bisa html blogspot, setting template pakai penyesuaian yang tersedia, ubah-ubah ukuran, paduan warna dan kotak-kotak widget, cuma itu saja. Kalau ga salah saya baru lancar otak-atik html setelah 5 bulan nge blog, maklum dari enol dan gaptek banget. Banyak benget kalo mau cerita satu-persatu apa yang saya lakukan, yang lucu itu sering nge chat teman fb dan mamerin blog minta dibuka. Lalu pasang histat, kalau di statistik terdetek ada yang online dan sehari ada 10 visitor saja sudah seneng banget.

Sambil nge blog saya juga browsing informasi cara ngeblog yang baik supaya dapat uang, sedikit demi sedikit saya tahu gimana cara yang benar dan salahnya dimana. Ternyata ada hal penting yang jadi landasan awal ngeblog yaitu: tema sebaiknya sesuai hobi dan membuat artikel yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Berarti saya harus bikin bahasa Indonesia? ini jelas tidak sesuai dengan kata teman saya. Kemudian saya berpikir tentang “kualitas dan manfaat” jika blog saya isinya berkualitas dan bermanfaat pasti orang senang dengan blog saya. Akhirnya memutuskan ga masalah bikin blog bahasa Indonesia lawong saya orang Indonesia. Kemudian saat itu saya pustuskan untuk membuat blog bertema “sepeda motor” kebetulan waktu itu suka benget ngamati motor dan sering ke bengkel karena mesin Honda supra 100cc ane sering bermasalah.

Tema motor, hampir orang jaman sekarang memakai motor, suka motor baru, dan pasti mengalami masalah mesin dsb. Mantab jadi ada konsumen blogku nantinya, ga sekedar nulis tapi ga ada yang cari, seperti yang lagi saya tulis panjang lebar ini. Itulah blog pertama yang saya buat dengan sungguh-sungguh, mulai dari belajar nulis, masih dan bisa dilihat tulisan awal-awal aneh  pembahasannya dan banyak yang typo. Blog awal belajar otak atik template sampai belajar html, belajar nerapin SEO dengan backlink dsb. Blog tersebut masih ada sampai saat ini dan visitornya pun stabil dan juga masih menghasilkann $$ meski jarang banget update.

Itulah saya memulai bisnis online dari sebuah blog “blogspot” yang akhirnya saya bisa mendapat ribuan dollar dari bisnis online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s