Pengalaman Saya dengan Bisnis Online

“All about online passion” slogan blog alifandofla.com yang memang terinspirasi dari ketidaksengajaan saya bermain bisnis online. Saat ini pasti sudah banyak orang yang tahu tentang bisnis online yang benar-benar bisa dipraktekkan untuk menghasilkan uang bahkan akan menjadi salah satu sektor bisnis utama di masa depan. Saya sendiri bersyukur karena beruntung yang awalnya gaptek bisa sedikit tahu tentang dunia internet marketing dan digital marketing. Meskipun kemampuan saya masih sedikit banget tapi setidaknya sudah terjun, praktek dan pastinya menghasilkan looh. Intinya saya mau cerita gimana saya memulai terjun di bisnis online ini, walaupun ga ada yang baca cerita ini paling enggak jadi cacatan pribadi saya sendiri sebagai seorang blogger.

Dulunya saya jaman SMA jujur saja agak gaptek dan sedikit minder dengan dunia IT “Teknologi Informatika”, karena pda saat itu kurang fasilitas dan melihat teman-teman yang sudah jago menggunakan komputer. Tapi keminderan itu saya sembunyikan, tetep mencoba ikut-ikutan saja kalau pas pelajaran IT. Waktu itu saya sudah senang bermain internet di warnet bermain Friendster yang saat itu populer di tahun 2006-2007 yang fiturnya memang asik. Secara tidak sadar saat itulah saya mulai belajar tentang dunia internet.

Saya baru sadar setelah berurusan dengan teknologi informatika untuk bisnis online, kelemahan saya dahulu itu sederhana, jarang menggunakan ms office sehingga lama banget kalau ngetik, jadi malu sama teman-teman yang rata-rata cepat ngetiknya, kalo ngeprint juga masih ragu-ragu, pemakaian ctrl + yang banyak ga paham. Ada rasa iri waktu itu kenapa teman-teman sudah ahli menggunakan komputer sedangkan saya belum. Hal itu terbawa hingga saat memilih jurusan di Perguruan Tinggi Negri (PTN). Kebanyakan teman-teman memilih Jurusan teknik dan teknologi informatika, sedangkan saya memilih di pertanian , alhamdulillah saya diteriam di PTN ternama di Yogyakarta, kota inilah yang membawa saya kemudian mengenal dunia online lebih dalam.

Tahun 2011 saya kuliah smester 4 waktu itu sering mencoba-coba kerja sebisanya untuk menambah penghasilan. Pengalaman saya di bisnis online awal mulanya dapet ebook di folder musik yang saya copy dari warnet kalo ga salah nama foldernya “cara mendapat dolar gratis” saya tertarik karena penjelasannya detail benget, lalu saya mulai beraksi dengan mengikuiti panduan ebook tersebut.

Syaratnya benar-benar seperti bisa mendapat dolar, saat itu saya benar-benar masih gaptek jadi sama sekali ga tahu apa intinya. Awalnya disuruh membuat akun paypal dengan nama asli sesuai ktp yang katanya sebagai alat pembayaran. Saya cari tahu apakah uang di paypal bisa dicairkan ke rekening, ternyata bisa, tambah semangat untuk lanjut mempraktekkan dari panduan ebook tersebut. Selanjutnya disuruh buat akun Liberty Reverse sebagai e-money nantinya, seingat saya ribet banget bikin akun LR tapi akhirnya bisa jadi. Barulah terakhir bikin akun HYIP, semacam klik klik iklan dapat dolar per klik saya lupa apa namanya. Oiya “HYIP” ini sebutan yang saya temukan setelah paham bisnis online, sebuah program scam atau penipuan yang kerjanya klik klik iklan setipa hari dan ga ada hasilnya yang jelas. Tapi ternyata ada loo hasilnya, hasilnya saya punya akun paypal yang aktif saya pakai sampai sekarang hahaha

Tahun 2012 saya punya teman yang kebetulan sekolah di IT di Jogja, dia mendapat penghasilan dolar $300 – $500 setiap bulan dengan membuat website berbahasa ingris temanya health dan fashion. Dia teman satu kontrakan, saya pengen juga tapi “ah sulit” pikirku waktu itu gimana cara bikin web, sedangkan saya gaptek banget apalagi tahu dia beli hosting dan domain pakai dolar sekitar modal 1 jutaan. Sudah ga tahu sama sekali tentang web dan ga punya modal. Jadi ga banyak harapan meskipun tahu hasilnya jelas ada. Suatu ketika karena suatu hal saya optimis bisa mendapatkan uang juga seperti dia, lalu kemudian saya mulai berkasi. Apakah suatu hal tersebut dan bagaimana hasilnya?

Baca Pengalaman Saya dengan Bisnis Online Part 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s